Berpetualang Mencari Coban Sumber Pitu Malang

coban rondo malang
Dewi Anjarwati: Legenda dibalik Coban Rondo
Januari 6, 2020
Batu Night Spectacular – Batu Night Show
coban sumber 7 malang

Air Terjun atau Coban memiliki pemikat tersendiri. Jalan setapak untuk mencapainya, keindahan alam yang masih asri dan deraian air yang jatuh bebas ke bawah membuat siapa saja enggan berpindah ketika sampai di wisata air terjun.

Seperti halnya di Malang, surga tersembunyi menjadi eksotika tersendiri. Bagaimana bisa? Nah, ada salah tiga air terjun di Malang yang dapat dikunjungi apabila Anda ingin melihat keasrian pemandangan alam yang masih tersembunyi.

Baca juga : Keindahan Wisata Mata Air Sumber Sirah, Malang

Benar sekali Coban Sumber Siji, Coban Sumber Pitu dan Coban Sumber Papat yang ada di Malang. Sesuai namanya, Coban Sumber Siji berarti memiliki satu sumber mata air, kemudian Coban Sumber Pitu memiliki tujuh sumber mata air dan Coban Sumber Papat yang memiliki empat sumber mata air.

Lokasi Mata Air Coban Sumber Pitu Malang

Lokasi Coban Sumber Pitu di daerah Dusun Tulungrejo, Pujon Kidul Kecamatan Pujon Kabupaten Magelang.  Untuk menuju Coban Sumber Pitu, dari kota Malang menuju ke arah Batu kemudian dilanjut menuju Kecamatan Pujon. Dari daerah Batu ke Pujon masuk sampai perbatasan dan tanda yang pasti adalah monumen patung sapi, dari patung sapi ke arah utara kurang lebih 100 meter.

Lalu ada jalan masuk ke kampung pertigaan kecil menuju Pujon kidul tandanya ada pohon besar atau Punden Dusun Sebaluh Desa Pandesari, ikuti jalan lurus ke Barat kurang lebih 3 km. Setalah melewati tikungan dan Desa Pujon Kidul ada penunjuk arah ke kiri atau ke Coban Sumber Pitu, Desa Tulungrejo.

Baca juga : Decak Kagum Memandang Indahnya Coban Nirwana Mbok Karimah

Setelah itu, kurang lebih 500 m ada lapangan (outbound round) dan loket masuk 10k, untuk tempat parkir masih melanjutkan perjalanan dari loket dengan kendaraan sekitar 1 km melewati hutan cemara dan ladang warga dengan medan jalan berbatu yang jika hujan akan licin. Untuk kendaraan roda empat atau roda dua bisa sampai tempat parkir.

Jangan senang dulu, karena perjalanan akan berlanjut dari tempat parkir tracking 1 km dengan medan tanjakan 500 m dan di atas akan agak landai menyusuri punggung bukit 500 m kemudian hingga sampai di Coban Sumber Siji dengan medan kurang lebih 100 m. Selanjutnya untuk ke Sumber Pitu berjalan ke kiri melewati undakan ke atas kurang lebih 100m menanjak. Untuk ke Coban Sumber Papat bisa lanjutkan tracking 50 m di kanan Sumber Pitu.

Harga Tiket Masuk

Keterangan Harga
Tiket Masuk Rp. 10.000
Parkir Roda 2 Rp. 5.000
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu

Bagi Anda yang membutuhkan kendaraan untuk menuju tempat wisata ini. Kawan Wisata menyediakan berbagai mobil di Semarang.