Dewi Anjarwati: Legenda dibalik Coban Rondo

mata air sumber sirah
Keindahan Wisata Mata Air Sumber Sirah, Malang
Januari 6, 2020
coban sumber 7 malang
Berpetualang Mencari Coban Sumber Pitu Malang
Januari 6, 2020
coban rondo malang

Dewi Anjarwati: Legenda dibalik Coban Rondo

Coban Rondo atau Air Terjun Coban Rondo merupakan salah satu air terjun yang terletak di Kecamatan Pujon, Kota Batu, Kabupaten Malang – Jawa Timur. Coban Rondo berada pada ketinggian 1135m di atas permukan laut. Ketinggiannya mencapai 84 meter dengan debit air berkisar antara 90 liter per detik pada musim kemarau sampai dengan 150 liter per detik pada musim hujan. Pada dasarnya, Coban Rondo Malang merupakan bagian dari kelompok air terjun bertingkat yang dimulai dari air terjun kembar bernama Coban Manten yang bergabung menjadi satu dinamakan Coban Dudo dan kemudian mengalir ke bawah dengan nama Coban Rondo.

LEGENDA COBAN RONDO 

Tersebutlah Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi dan Raden Baron Kusumo dari Gunung Anjasmoro yang jatuh cinta. Keduanya memutuskan untuk mengikat janji dalam pernikahan. Baru beberapa hari menjadi suami-istri, Dewi Anjarwati mengajak suaminya untuk bertandang ke rumah orang tua mereka yang ada di Gunung Anjasmoro. Niat ini ditentang oleh orang tua Dewi Anjarwati. Menurut tradisi Jawa kuno, pasangan pengantin baru dilarang bepergian sebelum usia pernikahan mencapai selapan. Hal ini diyakini bisa mendatangkan kesialan bagi pasangan tersebut. Tetapi keduanya tetap bersikeras pergi.

Di tengah perjalanan, Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusumo bertemu dengan Joko Lelono. Rupanya orang asing itu terpikat kecantikan Dewi Anjarwati pada pandangan pertama. Joko Lelono pun menantang Raden Baron Kusumo berduel untuk memperebutkan Dewi Anjarwati. Sang istri diminta untuk menyembunyikan diri di balik air terjun sembari menunggu suaminya datang menjemput. Tak disangka, Raden Baron Kusumo dan dan Joko Lelono sama-sama tewas dalam pertarungan. Janji Raden Baron Kusumo untuk menjemput istrinya tak bisa dipenuhi. Tinggallah Dewi Anjarwati yang menjanda meratapi nasibnya di balik air terjun.

LOKASI AIR TERJUN COBAN RONDO

Air terjun yang satu ini lebih mudah dijangkau timbang Coban Sumber Pitu karena bisa dengan kendaraan umum. Akses yang paling mudah melalui jalan raya dari Malang ke Batu dari sebelah timur atau dari Kediri ke Pare menuju Malang dari arah barat.

Lebih tepatnya terletak di Jalan Coban Rondo, Desa Pandesari, Kecamatan Pujon. Jarak dari Malang kota ke lokasi wisata kurang lebih 20 km, membuuhkan waktu tempuh sekitar satu jam perjalanan sedangkan jarak dari kota Batu ke lokasi wisata kurang lebih 12 km yang akan memakan waktu kurang lebih 30 menit.

WAHANA AIR TERJUN COBAN RONDO

  1. Fun Tubing
  2. Paint Ball
  3. Satwa dan Kebun
  4. Berkuda
  5. Bersepeda Gunung
  6. Outbound Pelajar
  7. Outbound kid/care
  8. Labirin
  9. Kereta Kelinci
  10. Sahabat Peternak dan Petik Apel

HARGA TIKET MASUK AIR TERJUN COBAN RONDO

Subjek Harga
Tiket wisatawan domestik Rp. 8.000
Tiket Wisatawan asing Rp. 10.000
Kendaraan roda 2 Rp. 2.000
Kendaraan roda 4 Rp. 4.000
Kendaraan roda 6 Rp. 6.000
Parkir roda 2 Rp. 4.000
Parkir roda 4 Rp. 4.000
Parkir roda 6 Rp. 6.000

Note: Harga diatas dapat berubah sewaktu waktu

Demikianlah pembahasan mengenai legenda dibalik Coban Rondo yang menjadi sebuah wisata yang menakjubkan. Untuk Anda yang butuh refreshing Coban Rondo sangat cocok dikunjungi untuk menghilangkan penat Anda. Anda butuh mobil saat berlibur kesana? bersama Kawan Wisata sebuah jasa sewa mobil Anda dapat menikmati wisata di Jawa Timur. Anda berminat? silahkan hubungi kontak di bawah ini.

Alamat Kami

Jl Danau Tondano A5 /J16
sawojajar, Malang Jawa Timur

Kontak Kami

 : 081335339580
 : 081335339580

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

CALL